Pesona Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh

2966 views

Dari sisi administrasi Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi NAD dan dari sisi pengelolaan hutannya tergolong Resort Konservasi SDA Iboih dan terlisting di Sub Balai Konservasi SDA.

Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh diakui menurut Surat Keputusan MenPer No. 928/Kpts/Um/12/1982 tgl 27 bln Desember tahun 1982 yang luasnya 2.600 Hektar.

Di Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh kalian dapat mengikuti aktivitas seperti menyelam, mengail, surfing dan rekreasi bawah air sekaligus melihat terumbu karang yang indah. disana ada bermacam-macam jenis ikan karang semacam Tropet Fish, Parrot Fish, Dunsel Fish, dan Angel Fish.

Pulau Weh merupakan pulau vulkanik kecil yang berada di barat pulau Sumatra. Pulau tersebut mulanya menyatu dengan Pulau Sumatera dan setelahnya terpisah oleh laut usai meletus gunung berapi diakhir pada zaman Pleistosen. Pulau itu letaknya ada di Laut Andaman. Kota yang paling besar di pulau Weh, yakni Kota Sabang.

Pulau Weh dikenal dengan ekosistemnya. Pemerintahan sana sudah menetapkan wilayah disana sejauh 60 kilometer persegi dari pinggir pulau baik ke dalam ataupun keluar menjadi wilayah suaka alam. Hiu mulut besar bisa ditemukan di pantai Pulau Weh. Disamping itu, pulau tersebut adalah salah satu habitat katak yang statusnya terancam punah. Terumbu karang di sekitar pulau di publikasikan sebagai habitat beraneka spesies ikan.

Di samping panorama alamnya yang cantik dan kekayaan SDA yang bervariatif, di dalam kawasan Taman Wisata Alam Pulau Weh ada Tugu Kilometer (0) Nol yang berada di ujung dari Pulau Weh, pula terdapat warisan perang dunia ke II yakni merupakan gua-gua alam peninggalan lini belakang armada Jepang tersusun, dan Pulau Weh pula ialah pulau legenda dimana dalam buku-buku tua dijuluki sebagai -Golden Island-.

Bagi para penyelam berpengalaman, Octopus dan Stingrays bisa dilihat di Taman Wisata Alam Pulau Weh. Berjemur ke sinar matahari di pantainya dengan pasir halus dan putih bisa dilaksanakan kepada pantai yang berseberangan dengannya. Lokasi tersebut adalah surga para turis pecinta snorkeling dan diving.Terumbu karang tidak lebih dari 5 meter dari tepian pantai.

Aktivitas wisata alam yang bisa dilakukan di Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh ialah aktivitas wisata tirta semacam berselancar, mengayuh sampan, renang, mengail, serta diving tuk memandangi alam bawah air dengan keaneka ragaman terumbu karang dan ikan karangnya yang unik.

Di Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh ada terumbu karang, baik karang yang berat ataupun karang yang lunak dan ringan, warna dan bentuk, yang seluruhnya menghasilkan hamparan karang istimewa tuk dinikmati, antara lain karang dengan nama tempatnya karang rusa, karang lupas, dan karang kerupuk.

Tidak cuma terumbu karang, Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh bisa dijumpai spesies ikan karang semacam Angel fish, Dunsel fish, Sergeon fish, Tropet fish, Grope fish, Parrot fish dan sebagainya. Ikan-ikan tersebut ada di sekeliling Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh dan separuhnya merupakan endemik di wilayah tersebut.

Sejumlah fasilitas yang bisa memungkinkan aktivitas di Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh, diantaranya pondok penginapan sekitar Iboih yang didirikan oleh warga sekitar, halte, WC, Masjid, toko souvenir, dan hotel mewah yang ada di Gapang. Disamping itu ada beraneka fasilitas yang ada di Pulau Rubiah yang didirikan oleh Dinas Pariwisata Dati I NAD seperti sentral kegiatan diving yang dilengkapi dengan fasilitas darinya yakni speedboat, peralatan snorkeling dan diving, tempat jaga, taman dan instalasi listrik, menara pengintai.

Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh bisa didatangi melewati jalur :

  • Banda Aceh – Pelabuhan Krueng Raya Malahayati jarak tempuh 32 kilometer dengan trip darat bisa ditempuh dalam masa sekitar 45 menit.
  • Pelabuhan Krueng Raya Malahayati – Pelabuhan Balohan dengan kapal ferry yang siap berangkat satu kali tiap pada jam 09.00WIB dan waktu tempuh sekitar 2 jam.
  • Pelabuhan Balohan – lokasi Taman Wisata Alam Pulau Weh dengan trip darat yang bisa ditempuh 1 jam perjalanan.

Tags: #Pulau Weh #Wisata Aceh #Wisata Bahari #Wisata Kota Sabang #Wisata NAD #Wisata Pantai #Wisata Sumatera

Leave a reply "Pesona Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh"