Pulau Sabu dan Pulau Raijua ~ Surga Kecil di Tengah Samudera

5682 views

Sepertinya cuma sebagian kecil dari para pemirsa yang kenal kedua pulau ini, oleh sebab itu tidak ada yang salah jika admin memperkenalkan mereka kepada kalian yang tidak tahu. Pulau Sabu dan Pulau Raijua merupakan dua pulau kecil yang ada di wilayah pemerintahan Kabupaten atau kawasan Sabu Raijua, Provinsi NTT. Kabupaten itu dimekarkan dari Kabupaten Kupang di Tahun 2009 lampau.

Kabupaten atau kawasan Sabu Raijua atau orang setempat menyebutnya dengan Sarai, mengandung jumlah penghuni kira-kira 75.000 jiwa dengan ukuran wilayah sekitar 467 km2 Pulau Sabu dan Raijua terdapat satu Bahasa daerah yaitu Bahasa Sabu dan dilengkapi dengan 5 cara pengucapan yang tidak sama. Tuk komunikasi sehari-hari, orang di pulau tersebut normalnya memakai bahasa Melayu Kupang dan daerah Sabu dengan pengucapannya atau dialeknya itu sendiri.

Letak Pulau Sabu dan Pulau Raijua cukup jauh dari pusat kota dan Sejumlah pulau besar di NTT, seakan-akan menjadikan mereka tersesat di tengah samudera. Walaupun di kedua pulau itu telah ada 3 dermaga denagn 1 pelabuhan dan 1 lapangan udara kecil tuk pesawat merpati kecil, namun tetap saja mereka terasingkan di waktu-waktu tertentu, kira-kira bulan November sampai Januari. Pada bulan-bulan tersebut umumnya cuaca tak bersahabat dan gelombang laut dapat melebihi dari 3 m hingga menjadikan kapal ferry yang dijadikan sebagai alat transportasi utama warga Pulau Sabu dan Pulau Raijua tak beroperasi seperti biasanya. Alternatifnya yakni dengan naik pesawat, namun karena pesawat yang beroperasi untuk menuju Pulau Sabu dan Pulau Raijua dan hanya pesawat kecil yang mampu menampung sekitar 20 orang. Maka otomatis wisatawan yang mau masuk atau keluar dari kedua pulau itu menjadi tersendat. Memang ironis kejadinnya.

Masa yang cocok tuk berkunjung ke Pulau Sabu dan Pulau Raijua ialah pada bulan February hingga Oktober. Tuk ke Pulau Sabu yang dijadikan sebagai pulau terbesar di kabupaten ini, dapat ditempuh dengan naik kapal ferry, kalian bakal menempuh waktu perjalanan kira-kira 13 jam dari pelabuhan Bolog di Kota Kupang, atau tak lebih dari 12 jam dari Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Barat dan berkisar 13 jam dari Kota Ende. Sementara dengan naik pesawat, membutuhkan waktu tempuh kira-kira 30 menit yang cuma bisa ditempuh dari Bandara El-Tari Kota Kupang ke Lapangan Udara Terdamu yang ada Kecamatan Sabu Barat. Tuk ke Pulau Raijua sendiri tidak lebih dari dermaga seba di Pulau Sabu naik kapal kayu dan membutuhkan waktu kira-kira 1 jam hingga 2 jam lamanya.

Terlepas dari seluruh kesusahannya, Sabu dan Pulau Raijua rupanya masih mengandung pesona keindahan yang tak mudah kalian temukan di kawasan lain. Walaupun kondisi tanah di kedua pulau itu bisa dikatakan tandus, tetapi Air laut yang jernih dan pasir putih yang menghiasi hampir seluruh pinggir pantai kedua pulau tersebut seolah olah jadi pesona istimewa dari keduanya. Kalian tak perlu mencari-cari tempat lagi tuk menikmati keindahan pantai di kedua pulau tersebut, sebab kalian hanya cukup jalan-jalan ke pantai mana saja kemudian disana kalian akan ditawarkan dengan keindahan pantai pasir putih yang betul-betul “Perawan”. Perlu diingat, semuanya tidak dipungut biaya apapun.

Dapat dibilang pantai di Pulau Sabu dan Pulau Raijua tidak kalah cantik disandingkan terhadap Pantai Kuta dan Pantai Senggigi yang paling terkenal itu, cuma saja mereka kalah dalam segi fasilitas. Mudah-mudahan dengan dimekarkannya Sabu dan Raijua jadi daerah otonom sendiri, fasilitas penopang pariwisata kedua pulau itu jadi lebih diperhatikan.

Disamping memandangi pesona keindahan pantainya, kalian pun dapat menikmati wisata budaya semacam tarian daerah, jalan-jalan menikmati situs adat, aktivitas upacara adat dan membeli beragam souvenir tradisional khas Pulau Sabu dan Raijua tuk digunankan sebagai kenang-kenangan. Untuk kalian yang gemar berpetualang melihat pesona keindahan alam dan budaya Indonesia yang tengah “Perawan” dan tersembunyi, maka berwisata ke Pulau Sabu dan Pulau Raijua merupakan sebuah keputusan yang tepat.

Tags: #Pulau Sabu #Wisata Bahari #Wisata Kepulauan #Wisata NTT #Wisata Nusa Tenggara Timur #Wisata Pantai

Leave a reply "Pulau Sabu dan Pulau Raijua ~ Surga Kecil di Tengah Samudera"