Sejuknya Taman Wisata Wera – Sulawesi Tengah

3519 views

Potensi alam wisata di Sulawesi Tengah tak ada habisnya bila digali lebih dalam lagi seluruh pelosoknya. Satu diantaranya ialah Taman Wisata Wera. Taman Wisata itu merupakan satu dari sekian banyak obyek wisata di Sulawesi tengah yang terkenal dan masuk kedalam wilayah Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Bila kalian betul-betul mau berwisata, tuk tiba di kawasan Taman Wisata Wera tidak begitu sulit sebab jalanan sudah beraspal yang mengaitkan Kota Palu dengan pedesaan di daerah lokasi wisata, semacam Desa Balumpewa yang memiliki jarak 1 km dari jalan besar. Dari Kota Palu pergi ke Desa Balumpewa berjarak 19 km, bisa ditempuh naik angkutan umum kira-kira 45 menit.

Kawasan Taman Wisata Wera sebagian besarnya merupakan daerah berbukit dengan faktor topografi berlereng hingga terjal dengan kemiringan antara 80% dan paling kecil 60% ada lembah yang tidak lebar yang termasuk aliran sungai Wera cukup datar di bagian bawah dikawasan desa Balumpewa dengan tinggi 150 mdpl sampai 800 mdpl.  Disamping itu ada juga Pemandian Air Panas Montokole yang letaknya ada  kurang lebih 2 km bagian Selatan Taman Wisata Wera. Para pengunjung bisa menggunakan Pemandian Air Panas Mantikole itu sepaket wisata dengan Taman Wisata Wera, hingga perjalanan wisata para pengunjung makin bervariasi dan unforgetable.

Bila kalian bertamu ke Kawasan Taman Wisata Wera, maka kalian bisa menikmati udara sejuk sambil memandangi keindahan air terjun yang meluncur deras, Air terjun Wera dengan tinggi 80 m dan kemiringannya antara 70° hingga 80° bilamana kalian berada dikawasan tempat terjunnya air akan memberikan pemandangan indah. Bila kalian naik sedikit ke atas bukit maka kalian akan disajikan dengan pemandangan yang terbilang sangat asri.

Jangan menduga pesona Taman Wisata Wera bakal habis disana saja, di taman tersebut kalian pun bisa menikmati keanekaragaman flora dan fauna yang tinggal di kawasan sana, seperti flora kenari atau ntoli, lebanu, bintangur, lei, beringin, dan sejumlah tumbuhan epifit, semacam anggrek tanah, dan pakis sarang pasti gampang kalian jumpai di taman wisata wera. sementara untuk jenis satwa atau fauna yang mampu kalian jumpai di kawasan Taman Wisata Wera cukup sedikit, cuma beberapa jenis mamalia, aves dan serangga yakni Monyet hitam Sulawesi,Tarsius, Kus-kus, Burung kasuari, Ayam hutan (Gallus-gallus), Gagak, dan sejumlah jenis kupu-kupu. Adanya satwa yang cukup sedikit ini tidak lain dan tak bukan disebabkan oleh keadaan habitat yang telah terganggu dengan ulah tangan jahil masyarakat sekitar yang tengah kerap berburu dan melewati kawasan tersebut.

Tags: #Sulawesi Tengah #Taman Wisata Wera #Wisata Air Terjun #Wisata Alam #Wisata Pegunungan #Wisata Sungai

Leave a reply "Sejuknya Taman Wisata Wera – Sulawesi Tengah"