Pesona Kecantikan Kepulauan Banggai – Sulawesi Tenggara

4797 views

Indonesia kaya sekali akan kecantikan lautnya, katakan saja yang telah tersohor semacam Pantai Senggigi di NTB, Bunaken di Sulawesi Utara, Raja Ampat di Papua, dan Mentawai di Sumatra Barat. Barangkali hanya saran, dari beberapa obyek wisata laut yang kerap dikunjungi, ada satu lagi rekomendasi yang patut untuk dijelajahi ialah Kepulauan Banggai dan Pulau Peling, Banggai Kepulauan yang dijadikan sebagai salah satu kabupaten di Sulawesi tengah yang letaknya ada di pantai bagian timur Pulau Sulawesi.

Tak banyak orang tahu nama Pulau Peling. Padahal, mutiara di Kabupaten Banggai Kepulauan, itu mengandung pesona alam menakjubkan. Problem angkutan tengah jadi hambatan tuk berwisata ke pulau kecil tersebut. Setidaknya diperlukan waktu tidak lebih dari tiga jam tuk merasakan pesona mutiara di Kepulauan Banggai tersebut dari Dermaga Luwuk, dengan naik kapal Aldus. Kapal tersebut tak terlalu besar. Jadi, bersiap-siaplah berdesak-desakan dengan para pengunjung lainnya sekaligus disirami angin dan air laut dari luar kapal.

Pulau Peling memiliki luas 2.340 km2, adalah sebuah pulau dari ratusan pulau lainnya di Kabupaten Banggai Kepulauan atau biasa disebut Bangkep. Panorama laut yang luar biasa. Airnya jernih, Nyiur beredar di mana-mana. Di tempat itu pula ada kolam renang yang berasal dari mata air. Warga lokal menamakannya Mata Air Luwuk Panenteng, airnya betul-betul jernih.

Tuk menduduki wilayah Bangkep musti memanfaatkan beraneka jenis transportasi. Rute perjalanan diawali dengan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda, atau Bandara lainnya yang ada di kota-kota besar Indonesia ke Bandara Sultan Hasanuddin di Makasar, dari Makasar lanjut menggunakan pesawat ke Bandar udara Bubung Luwuk.

Yang berangkat dari Kota Luwuk, guna tiba di Kabupaten Bangkep dengan naik transportasi kapal kayu yang dengan cara reguler ada operasinya setiap hari. Bila mau membayangkan kapal kayunya barangkali persis seperti kapal kayu yang dinaiki di saat ingin pergi ke Kepulauan Seribu dari muara angke ke pulau tidung sekaligus memandangi pemandangan lautnya amat menyenangkan. Biasa juga disebut sebagai kapal ferry.

Sebetulnya tuk perjalanan Ke Bangkep terdapat dua alternatif yang boleh dipilih, awal rute Jakarta-Makasar-Luwuk, yang ke-2 rute Jakarta-Palu-Luwuk. Rute ke-2 bakal membutuhkan waktu lebih lama dari rute yang awal. sebab rute kedua pergi dari Bandar udara Cengkareng Jakarta ke Bandar udara Mutiara Palu tiada transit. Kemudian dari Palu ke Kawasan Banggai Luwuk ditempuh lewat jalur darat. Palu-Luwuk dengan jarak tempuh kira-kira 350 km. Dari Luwuk ke Pulau Peleng dengan kapal ferry kurang lebih ditempuh hingga 3 jam sampai 4 jam perjalanan. Sementara dari Luwuk ke Pulau Banggai ditangani oleh pengelola pengendara perahu motor kayu dan waktu tempuh sekitar 8 jam hingga 12 jam.

Tags: #Kepulauan Banggai #Wisata backpacker #Wisata Bahari #Wisata Keluarga #Wisata Pantai #Wisata Sulawesi Utara

Leave a reply "Pesona Kecantikan Kepulauan Banggai – Sulawesi Tenggara"