Pulau Lengkuas Si Pencuri Hati

3091 views

Pulau Lengkuas letaknya ada di bagian utara Desa Tanjung Binga atau di bagian utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Luas keseluruhan kurang dari 1 ha. Di sekitar pulau Lengkuas terdapat banyak sekali batu granit yang boleh didatangi hanya cukup berjalan kaki melewati laut dangkal kedalamannya kurang dari 1,2 m. Struktur bebatuannya pun unik dan berbeda-beda dengan tempat lain dan ada perpaduan pantai dengan warna pasir putih dan pohon-pohon. Air lautnya lebih jernih dari laut yang ada di Pulau lain sekitar Belitung, kalian dapat secara jelas memandangi dasar laut termasuk juga komunitas ikan yang berenang didalam tempat wisata ini.

Pulau Lengkuas merupakan pulau kecil yang terdapat mercusuar dengan tinggi 62 m, dibangun oleh bangsa Voc di tahun 1882. Meskipun sangat tua, mercusuar yang memiliki 12 tingkat itu masih kokoh berdiri. Tiap wisatawan boleh dengan bebas naik keatas menuju puncak mercusuar. Setiap lantai dari mercusuar ada jendela yang mengarah ke berbagai arah hingga wisatawan bisa melihat panorama yang bagus dari berbagai sudut. Di bagian dalamnya ditampilkan bukti usia bangunan mercusuar sejarahnya dari tangga yang lapuk dan berkarat. Mungkin mengingat usia mercusuar, keadaan didalam mercusuar pun sedikit spooky. Tetapi Saat sampai di ruangan sangat tinggi di mercusuar, rasa spooky tadi hilang sekejap. Dari puncak tampak keadaan alam sekitar Pulau Lengkuas yang sangat indah. Air biru yang jernih, setumpukan batu granit keputih-putihan, dan sejumlah pulau kecil yang terlihat dari kejauhan berwarna hijau ialah paduan keindahan suasana panorama yang memanjakan mata.

Disamping terkenal karena adanya mercusuar disana, tidak jauh dari Pulau Lengkuas pula ada lokasi snorkeling dengan pemandangan alam bawah laut. dengan keelokan yang dipunyainya, Pulau Lengkuas sudah banyak menghipnotis wisatawan Nusantara ataupun manca negara, terutama para kaum fotografer. Tidak heran lagi bila di akhir pekan ataupun libur nasional, pulau kecil tersebut disesaki oleh para pengunjung. Daya tarik utama wisatawan tuk berlibur di Pulau lengkuas diantaranya keelokan panorama alam pantai yang dipagari dengan batu granit dan pasir putih sudah membuat pulau itu sensual di mata para wisatawan.

Tuk tiba di Pulau Lengkuas wisatawan bisa sewa boat dari Pantai Tanjung Kelayang maupun Desa Nelayan Tanjung Binga. Wisatawan bisa sewa perahu dari Tanjung Binga, Tanjung Kelayang, atau dari Tanjung Tinggi. Biaya sewa cukup murah, Rp.350.000 hingga Rp.450.000. Baik sendiri maupun serombongan, bakal diantar kearah pengalaman keindahan Pulau Lengkuas. Waktu tempuh memakai perahu dari Pulau Belitung menuju Pulau Lengkuas kira-kira 42 menit. Dalam trip menuju pulau kecil itu, Kalian bisa menikmati keindahan Belitung dan pulau-pulau kecil dari kejauhan. Tak begitu jauh dari Pulau Lengkuas, ada satu pulau lain yang sedikit kecil, yakni Pulau Burung. Pulau tersebut dinamakan begitu lantaran ada satu batu granit raksasa yang bentuknya mirip seperti kepala burung.

Tags: #Pulau Lengkuas #Wisata Bahari #Wisata Belitung #Wisata Pantai #Wisata Tanjung Binga #Wisata Tanjung Kelayang

Leave a reply "Pulau Lengkuas Si Pencuri Hati"